ACA Jalin Kerjasama Dengan Bidan Delima



                                          Sumber Gambar: Oscar Siagian


Memasuki masa pergantian musim penghujan ke musim kemarau, kasus demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia mengalami peningkatan di beberapa daerah. Walaupun jumlah penderita masih lebih rendah dibandingkan tahun 2011, angka penderita masih tergolong tinggi. Contohnya saja di daerah Cilegon, periode Januari-April 2011 ada 139 kasus, sedangkan tahun ini turun menjadi 115 kasus (Kompas, 8 Mei 2012). Ironisnya penyebaran DBD sebagaian besar terjadi di lingkungan masyarakat ekonomi kurang mampu. Sedangkan biaya pengobatan dan perawatan di rumah sakit masih tinggi. Ditambah angka kematian penderita yang tidak sedikit, menjadikan DBD momok yang menakutkan di Indonesia.


Menanggapi polemik ini Asuransi Central Asia (ACA) sejak tahun 2010 telah mengembangkan program asuransi mikro khusus demam berdarah bernama “Asuransi Demam Berdarah (ADB)”. Program ini memberikan santunan akibat risiko penyakit demam berdarah dengan biaya premi yang sangat terjangkau. Dengan premi Rp 50.000, penderita mendapatkan santunan senilai 2 juta Rupiah untuk masa aktif satu tahun. Untuk masa aktif yang lebih singkat, ACA juga menyediakan voucher masa aktif tiga bulan dengan santunan senilai 1 juta Rupiah dan premi Rp 10.000. Asuransi ini dikemas dalam bentuk voucher yang mudah di aktivisasi melalui layanan pesan singkat (SMS).


Untuk memperluas jaringan distribusi produk ini, ACA menjalin kerjasama dengan beberapa pihak dan instansi yang dekat dengan masyarakat, seperti Indomaret, Hypermart, Kantor Pos dan yang paling baru adalah kerjasama dengan Bidan Delima. Kerja sama dalam bentuk paket usaha ini telah berjalan sejak awal tahun 2012. Bidan Delima merupakan program Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang sejak tahun 2011 tercatat memiliki lebih dari 9.000 anggota yang tersebar di 21 Propinsi. Bidan Delima melakukan standarisasi keahlian, kompetensi, peralatan, sarana, prasarana, dan manajemen klinik agar sesuai dengan standar yang ada di Kementerian Kesehatan RI. Dengan adanya Bidan Delima ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan Bidan kepada masyarakat khususnya pelayanan kesehatan reproduksi dan keluarga berencana. Kegiatan Bidan Delima ini didukung oleh LSM internasional Mercy Corp Indonesia.




                                         Sumber Gambar: Oscar Siagian





                                         Sumber Gambar: Alex Robinson


Saat ini pihak ACA masih terus melakukan sosialisasi tentang manfaat program kerjasama kepada para anggota Bidan Delima di seluruh Indonesia. Sosialisasi pertama dilakukan pada 17 April 2012 lalu bersamaan dengan kunjungan Mercy Corp. di kantor pusat Bidan Delima, kemudian dilanjutkan di kawasan Koja, Jakarta Utara. Mengingat para bidan memiliki hubungan yang dekat dengan para pasien sehingga diharapkan para anggota Bidan Delima dapat lebih mudah memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya asuransi untuk mereka dalam mengelola resiko keuangan akibat sakit DBD. Adapun bentuk kerjasama yang ditawarkan ACA yaitu paket usaha asuransi mikro bagi anggota Bidan Delima sehingga masyarakat bisa langsung membeli voucher asuransi DBD melalui anggota Bidan Delima. Jalinan kerjasama ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat kecil yang membutuhkan perlindungan asuransi, khususnya proteksi risiko penyakit DBD.