LITERASI KEUANGAN


Literasi Keuangan Pontianak


Pontianak, 16 Oktober 2014.  Dalam rangka ikut mendukung dan menyukseskan rangkaian kegiatan Gerakan Nasional Literasi Keuangan Indonesia2014 dari pemerintah dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan - OJK, hari ini PT. Asuransi Central Asia (ACA) menggelar acara Financial EduEXPO di Rumah Adat Melayu, Potianak, Kalimantan Barat yang dibuka oleh Angota Dewan Komisioner OJK merangkap Ketua Dewan Audit, Prof. Dr. Ilya Avianti, SE., M.Si., Ak., CPA. Hadir juga dalam pembukaan acara adalah Kepala Direktorat Human Capital & General Administration ACA sekaligus Ketua Umum Komisi Pendidikan Dewan Asuransi Indonesia, Dr. Anton Lie, SE., MM. dan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan,Koperasi, dan UKM, Dra. Utin Sri Lena Candramidi, M.Si.
Kegiatan ini di latarbelakangi oleh diresmikannya cetak biru Strategi Nasional Literasi Keuangan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, 19 November 2013 lalu. Dengan tu OJK beserta seluruh asosiasi dan industri keuangan nasional bersama-sama melakukan kegiatan edukasi literasi keuangan ke berbagai lapisan masyarakat. Kegiatan ini dilakukan di 24 kota besar seluruh tanah air, dan ACA mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah di Pontianak. “EduExpo ini adalah puncak dari rangkaian kegiatan edukasi literasi keuangan yang telah ACA lakukan sejak kampanye ini dicanangkan oleh OJK. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan literasi jasa keuangan masyarakat Indonesia khususnya pada wilayah-wilayah yang belum memiliki infrastruktur yang memadai,” ujar AntonLie.

Dalam acara ini ACA mengajak sekitar 150 orang pengusaha UMKM dan 100mahasiswa untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan semiloka. Para peserta semiloka mendapatkan edukasi mengenai bagaimana cara pengelolaan keuangan, baik itu keuangan keluarga maupun keuangan usaha. Melalui edukasi ini, diharapkan mereka lebih paham dalam mengelola keuangan yang baikdan benar. “Pengetahuan masyarakat Indonesia tentang keuangan masih sangat minim, terutama masyarakat kecil. Karena itu disini kami menyasar kepadaibu rumah tangga, pegusaha UMKM, para akedimisi, dan masyarakat umum lainnya,”tambah Anton. Selain semiloka, Financial EduExpo juga diisi dengan hiburan dan lomba yang mendidik atau mengenalkan  para pengunjung yang hadir untuk mengerti mengenai jenis-jenis lembaga keuangan di Indonesia, termasuk OJK sebagai pengawas.

Sebelumnya,ACA juga berpatisipasi dalam kegiatan kampanye SiMolek, yaitu sebuah mobil edukasi yang bertujuan untuk meningkatkan dan medorong awareness, minat, dan kepercayaan masyarakat dalam menggunakan produk/jasa keuangan. ACA mengoperasikan SiMolek di 14 kota yang dipilih oleh OJK. Parajajaran Direksi dan manajemen ACA melakukan edukasi literasi keuangan kesekolah-sekolah, pasar, dan tempat lainnya dengan cara yang unik sesuai dengan karakter masyarakatnya.