BERITA
Senin 19 Juni 2023 | 10:00 WIB
Lakukan Ini Saat Mengajukan Klaim Asuransi Properti


Asuransi adalah sebuah mekanisme perlindungan finansial yang melibatkan transfer risiko dari individu atau entitas kepada perusahaan asuransi. Namun, ketika mengajukan klaim asuransi kerugian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses klaim berjalan dengan lancar dan efektif. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda saat mengajukan klaim asuransi kerugian:

 

Membaca dan memahami polis asuransi

Sebelum mengajukan klaim, sangat penting untuk membaca dan memahami dengan baik polis asuransi Anda. Ketahui cakupan perlindungan, batasan klaim, dan ketentuan yang terkait dengan jenis kerugian yang Anda alami. Dengan memahami polis asuransi, Anda akan tahu apa saja yang dijamin oleh polis Asuransi. dan bagaimana prosedur klaim yang harus diikuti.

Jika setelah membaca ketentuan di dalam polis, Anda masih bingung, maka bisa menghubungi tenaga Marketing atau agent ACA yang sebelumnya menjual produk asuransi tersebut kepada Anda.

 

Melaporkan klaim segera

Setelah mengalami kerugian atau kerusakan yang dicover oleh asuransi, laporkan klaim Anda segera kepada perusahaan asuransi. Biasanya, ada batas waktu yang ditentukan untuk melaporkan klaim, jadi penting untuk bertindak cepat. Mengajukan klaim secara tepat waktu akan memastikan bahwa Anda memenuhi persyaratan dan mendapatkan perhatian yang sesuai dari perusahaan asuransi.

Untuk laporan klaim ini, Anda bisa menghubungi tenaga Marketing atau agent ACA yang menjual produksi asuransi tersebut kepada Anda. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi Call Center ACA – 24 Jam di no. telepon 021-31999100.  Selanjutnya kami akan segera menghubungi Anda untuk melakukan survey kerugian dan menjelaskan proses klaimnya termasuk dokumen dan persyaratan klaim yang harus dilengkapi.

 

Menyediakan dokumentasi yang lengkap

Ketika mengajukan klaim, pastikan Anda memiliki dokumentasi yang lengkap untuk mendukung klaim Anda. Ini mungkin termasuk laporan kejadian atau kehilangan, bukti kepemilikan properti, faktur atau tanda terima pembelian, foto kerusakan atau kehilangan, dan dokumen lain yang relevan. Dokumentasi yang lengkap akan membantu perusahaan asuransi dalam mengevaluasi dan memproses klaim Anda dengan lebih efisien.

Untuk klaim yang kompleks, maka ACA juga akan menunjuk Loss Adjuster (Jasa Penilai Kerugian) dan atau melibatkan konsultan indenpenden dalam menyelesaikan klaim yang diajukan.

 

Membuat daftar inventaris properti

Jika klaim Anda melibatkan kerugian atau kehilangan properti yang beragam, penting untuk membuat daftar inventaris yang rinci. Daftar ini harus mencakup deskripsi properti, tanggal pembelian, harga, dan bukti kepemilikan. Membuat daftar inventaris sebelum terjadi kerugian akan membantu mempercepat proses klaim dan memastikan bahwa Anda tidak melewatkan atau lupa mencantumkan barang-barang yang hilang, rusak atau terbakar.

 

Jangan mengubah kerusakan atau kerugian

Setelah mengalami kerusakan atau kerugian, jangan melakukan perbaikan atau perubahan apa pun pada properti sebelum disurvey oleh Petugas Klaim ACA atau mendapatkan persetujuan dari perusahaan asuransi. Mengubah kerusakan atau kerugian sebelum klaim dievaluasi dapat menyulitkan perusahaan asuransi dalam menentukan besarnya kerugian yang harus dibayarkan.

 

Jujur dan kooperatif saat memberikan informasi

Ketika mengajukan klaim, berikan informasi yang jujur dan lengkap kepada perusahaan asuransi. Jangan menyembunyikan fakta atau memberikan informasi yang tidak benar. Memberikan informasi yang akurat akan memastikan bahwa klaim Anda ditangani secara adil dan dapat diproses dengan cepat. Jika ada permintaan tambahan dari perusahaan asuransi, segera penuhi dengan kooperatif.

 

Simpan salinan klaim dan komunikasi tertulis

Selama proses klaim, simpan salinan semua dokumen yang terkait dengan klaim Anda, termasuk formulir klaim, surat-menyurat dengan perusahaan asuransi, dan catatan dari setiap pembicaraan telepon atau pertemuan. Dokumen-dokumen ini akan berguna sebagai bukti jika terjadi perselisihan atau kesalahpahaman di kemudian hari.

 

Ikuti proses penyelesaian klaim

Setelah perusahaan asuransi mengevaluasi klaim Anda, mereka akan memberikan keputusan mengenai klaim tersebut. Patuhi keputusan perusahaan asuransi, baik itu pembayaran klaim, perbaikan properti, atau penggantian properti yang hilang. Jika Anda tidak setuju dengan keputusan tersebut, Anda dapat mengajukan banding sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi.

 

Mengajukan klaim asuransi kerugian dapat terasa seperti proses yang rumit, namun dengan mengikuti tips di atas, maka Anda memastikan bahwa proses klaim berjalan dengan lancar. Ingatlah untuk selalu membaca dan memahami polis asuransi Anda, serta berkomunikasi dengan perusahaan asuransi dengan jujur dan kooperatif.