BERITA
Rabu 05 September 2018 | 09:00 WIB
Menjadi Agen Pintar Bersama Tim Agency ACA


Seorang nasabah ACA suatu kali complain karena klaim Otomate-nya ditolak. Kemarahannya perlahan kemudian surut setelah seorang agen menjelaskan kepadanya mengapa klaimnya ditolak. Usut punya usut, ternyata sang nasabah ini belum mengetahui satu dua pasal di polis, terkait dengan apa yang dia klaim. Rupanya dahulu saat mendapat polis, dia tidak membaca dan kurang memahami dengan baik beberapa pasal di polisnya. Dia juga tidak ingat, apakah sang agen asuransi pernah menjelaskan poin per poin, termasuk pasal yang terkait klaimnya tersebut. Disinilah pentingnya seorang agen pemasar  mengetahui persis produk asuransi yang dijual. Di ACA, tugas membuat agen ini pintar produk ada di  tim dari Departemen Agency.

 “Beberapa hal yang dikomplain nasabah karena komplainnya ditolak, salah satunya memang karena mereka kurang memahami isi polis. Ada wording polis. Semua klausula ada disitu.Agent menjelaskan hak dan kewajiban dari nasabah. Jika  semua itu dijelaskan, kemungkinan terjadinya dispute dalam klaim itu kecil” kata Mona, menanggapi cerita yang kami paparkan diatas. Mona kami temui disela sela acara training Everyone is Marketer pada tanggal 20 Juli 2018 lalu di gedung Hermina Tower, Kemayoran Jakarta Pusat.

Mona (Head of Tim Agency Department ACA)

 

Tugas Departemen Agency

Sesuai namanya, departemen ini terkait langsung dengan yang namanya agen. Ada pertanyaan, apa bedanya agen dengan broker? Menurut Mona,  berdasarkan hukum, agen itu perpanjangan tangan  ACA.  Ini berbeda dengan broker. Jika broker  mewakili kepentingan nasabah, sedangkan agent mewakili kepentingan ACA.

“ Karena Agen adalah perpanjangan tangan dari ACA, maka   sudah menjadi tugas departemen agen  untuk mengajarkan agennya agar bisa menjelaskan  dengan tepat  ke nasabah. Tidak sekadar jualan, Mentransfer knowledge agar nasabah ini mengerti betul mengapa dia harus membeli asuransi ini”kata Mona.

Mona pun menjelaskan tentang tugas lainnya departemen Agency, yaitu :

  • Mengatur semua hal terkait administrasi keagenan, baik itu MOU , sertifikasi AAUI dll
  • Training agent. Ini rutin dilakukan setiap hari.
  • Perekrutan (recruiting). Tugas dari departemen agency itu adalah merekrut agent dan mengembangkan supaya bisnis agent ini kian besar.

 

Kelebihan untuk Agen

Apa keuntungan menjadi seorang agen ACA? Menurut Mona, kelebihan yang utama adalah Brand ACA , ACA sudah berkecimpung di dunia Asuransi selama lebih kurang 62 tahun dengan pelayanan kepada nasabah yang telah teruji. Ini tentu merupakan selling point tersendiri yang membuat agen lebih mudah dalam menjual produk produk ACA. Mereka tidak sulit  mencari nasabah dengan nama ACA. Kelebihan lain tentunya adalah benefit, seperti komisi dan lain lain.

“Ini kan bukan jualan barang yang putus setelah barang dibeli.  Tetapi ini  yang kita tawarkan adalah jasa. Ini berbeda dengan membeli barang, dimana yang penting diskon besar. Jika jasa, orang akan melihat bagaimana dalam waktu panjang, misalnya katakanlah setahun. Dalam setahun itu orang akan melihat bagaimana service kita kepada customer ”kata Mona

Menurutnya, departemennya selalu melakukan komunikasi dengan divisi lain seperti cabang,  divisi klaim dan lain lain, untuk sama sama mendapatkan cara dalam  peningkatan  mutu pelayanan. Ujungnya adalah  pelayanan. Misalnya, pelayanan claim. Mona juga berharap, terus mendapat dukungan dari semua pihak .

“Kita bekali agen dengan ilmu produk , sehingga tak akan dispute. Dan kita juga terus berkoordinasi kedalam sehingga bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada Nasabah”kata Mona, mengakhiri obrolan kami.

Sukses selalu   Tim Agency Department PT. Asuransi Central Asia

Anda tertarik untuk bergabung sebagai agen dari ACA? Silahkan klik website Mitraca atau hubungi Hotline ACA di 021 31999100.

Jangan lupa follow kami di Sosmed :

Facebook              : www.facebook.com/acaasuransi/

Twitter                  : twitter.com/acaasuransi

Instagram             : www.instagram.com/acainsurance/

Youtube                : www.youtube.com/user/asuransicentralasia

(gtaca250718)