BERITA
Senin 04 November 2024 | 15:15 WIB
Perkenalkan Pariwisata di NTB, ACA Dukung Mandalika Travel Mart 2024


Asuransi Central Asia (ACA) berpartisipasi dalam acara Mandalika Travel Mart, Lombok NTB, yang di selenggarakan oleh ASTINDO Provinsi NTB.  Mandalika Travel Mart 2024 ini, Menurut Ketua Astindo Provinsi NTB, Sahlan M Saleh Sahlan, fokusnya untuk mengembangkan pariwisata di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Jika sebelumnya difokuskan mendukung pengembangan pariwisata Senggigi Lombok Barat dan Mataram.

Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) NTB menyebutkan perputaran uang wisatawan mencapai sekitar Rp37 miliar selama gelaran Mandalika Travel Mart 2024 dan menyebut paket wisata leisure atau wisata rekreasi bahari sebagai penyumbang angka terbesar." Harapannya, uang wisatawan nantinya juga mengalir dari penjualan paket-paket wisata Lombok-Sumbawa. Gelaran kegiatan ini sebagai salah satu langkah meningkatkan demand pariwisata NTB.

Ketua Astindo Provinsi NTB, Sahlan M Saleh menyebutkan bahwa gelaran Mandalika Travel Mart ke-3 yang digelar pada 21-23 Oktober 2024 di sirkuit Mandalika. Diikuti oleh 90 buyer dari berbagai negara di Asia, terdiri dari Singapura, Malaysia, Thailand. Dan ada empat buyer dari negara – negara Eropa.

Ditambahkan, Ketua Panitia Mandalika Travel Mart 2024, Muhlis Mahardika mengatakan, kegiatan Mandalika Travel Mart 2024 dilaksanakan di area paddock Sirkuit Mandalika. Sekaligus ajang ini untuk mengenalkan dan mempromosikan sirkuit kebanggaan Indonesia ini kepada para pemilik modal dari berbagai negara.

Para buyer juga akan diajak mengunjungi desa wisata Sade, Lombok Tengah. Mengenakan sapu` atau ikat kepala khas Lombok. Lalu diajak makan dengan cara begibung (makan bersama). Mandalika Travel Mart 2024 tidak saja fokus pada jual beli paket-paket wisata. Tapi ini jadi kesempatan untuk mengenalkan adat istiadat dan budaya Lombok dan Sumbawa.

Asuransi acap kali di anggap sepele dan juga terabaikan, setelah adanya kejadian yang tidak di inginkan baru mengerti dan teringat akan pentingnya dari perlindungan Asuransi.

Mengemban misi untuk memperkenalkan serta mengedukasi produk-produk Asuransi seperti Asuransi Kendaraan, property, dll yang di miliki oleh ACA, berkesinambungan dengan bidang terkait dari para peserta Mandalika Travel mart yang mana memiliki background pengusaha hotel, penginapan, penyewaan kendaraan, tempat rekreasi, oleh-oleh dan lainnya yang berhubungan langsung dengan industri pariwisata.

Selain itu karena sebagian besar dari para peserta baik Seller Maupun Buyer adalah pemilik langsung pelayanan jasa Agen ataupun biro Perjalanan yang tersebar di seluruh Nusantara dari Sabang sampai dengan Merauke dan juga beberapa negara tetangga Inodnesia, maka ACA secara khusus menyiapkan produk untuk menyokong kebutuhan Asuransi Perjalanan untuk seluruh peserta kegiatan Mandalika Travel Mart. Sugiarto selaku kepala Divisi Travel insurance and Personal Lines ACA, menyebutkan dengan adanya keterlibatan ACA sebagai salah satu sponsor acara MTM 2024, diharapkan bisa menjadi langkah kongkrit dalam perkembangan dunia pariwisata Indonesia khususnya daerah Nusa Tenggara Barat, dikarenakan dengan tambahan perlindungan dari asuransi perjalanan yang dimiliki oleh ACA akan semakin meyakinkan para calon wisatawan untuk mengunjungi daerah NTB yang memiliki potensi sangat luar biasa dalam pengembangan destinasi wisata Indonesia.

“Kolaborasi semua pihak sangat dibutuhkan untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu tempat tujuan utama pariwisata baik lokal maupun Internasional, dengan kesiapan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah serta para pelaku pariwisata seperti Astindo dan seluruh anggotanya yang merupakan ujung tombak penjualan desnitasi wisata serta para stakeholder termasuk dalam hal ini ACA yang sangat berpengalaman di bidang asuransi sangat diperlukan untuk menjadikan tempat-tempat wisata sebagai salah satu sumber devisa terbesar di Indonesia, dengan adanya tambahan proteksi dari asuransi perjalanan ACA akan membuat para wisatawan semakin merasa aman dan nyaman dalam kegiatan wisatanya baik untuk berlibur, ataupun keperluan bisnis. Selain itu ACA juga mempunyai kewajiban untuk memberikan literasi kepada masyarakat umum tentang pentingnya asuransi sebagai salah satu upaya dalam memitigasi suatu risiko yang mungkin saja bisa terjadi.” Ucapnya di pembukaan acara MTM yang dilakukan di paddock Sirkuit Mandalika.

ASTINDO  menggandeng kerja sama dengan Pemerintah Daerah setempat untuk bersinergi demi kemajuan dunia pariwisata di Indonesia yang mana sesuai dengan pencanangan dari jargon “wonderfull Indonesia” Dari pemerintah Pusat. Mudah-mudahan ke depannya industri pariwisata di indonesia akan terus berkembang dan jauh lebih baik lagi dalam penyediaan sarana maupun pra sarananya, serta hal yang tidak kalah penting harga tiket penerbangan bisa kembali terjangkau seperti dulu sebelum Covid sehingga industri pariwisata semakin bergairah dan memberi keuntungan kepada banyak pihak sehingga dapat membantu perputaran perekonomian di Indonesia pada umumnya…. “Menyala Pariwisata INDONESIA”.