BERITA
Jum'at 16 September 2022 | 07:00 WIB
Beberapa Hal yang Perlu Dipersiapkan Terhadap Rumah Kesayangan Pada Saat Tiba Musim Penghujan


Saat memasuki musim penghujan, ada baiknya kita sebagai pemilik rumah mulai memperhatikan beberapa hal guna menjauhkan risiko yang mungkin dapat menimbulkan kerugian.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan pemilik rumah pada saat musim penghujan tiba:

 

Atap Rumah

Tidak dapat dipungkiri, bicara tentang hujan maka hal pertama yang harus dipastikan adalah kemampuan atap rumah dalam melindungi segala isi rumah dari adanya potensi kebocoran, pastikan selalu posisi dan kondisi genteng/atap dalam keadaan baik tidak terdapat pecahan, retakan maupun celah kerenggangan untuk mencegah terjadinya kebocoran serta kemungkinan rembesan air hujan.

Segera hubungi tukang ataupun pekerja professional dalam perbaikan dan perawatannya supaya hasil lebih maksimal dan meminimalisir kemungkinan bahaya lainnya pada saat memperbaiki ataupun sekedar mengecek atap, terutama potensi bahaya jatuh dari ketinggian.

 

Saluan air/ talang air

Salah satu faktor penyebab terjadinya kebocoran terutama rembesan dinding adalah kondisi aliran air pada talang tidak berfungsi dengan baik/tersumbat, segera periksa dan bersihkan sampah atau kotoran yang mungkin ada pada talang air tersebut sehingga tidak terjadi genangan berlebih pada talang air tersebut.

 

Dinding

Selain atap dan talang air pada posisi atas rumah jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan terhadap dinding rumah baik bagian luar maupun dalam, terutama apabila terlihat adanya retakan.

Air dapat merembes kedalam tembok melalui retakan tersebut dan potensinya akan merusak struktur tembok secara perlahan sehingga menyebabkan kelembaban pada dinding dan bisa menyebabkan tembok menjadi rapuh dalam waktu yang lama. Segera lakukan plester terhadap retakan tersebut dan apabila dianggap perlu gunakan cat pelindung anti air yang sekarang ini banyak tersedia dalam beberapa ukuran, warna, serta merk.

 

 

Kelembaban rumah

Hujan yang terus menerus menyebabkan suhu udara diluar mejadi rendah dan berimbas juga kedalam rumah, biasanya pemilik rumah menutup rapat pintu dan juga jendela rumah untuk mencegah tampiasan terhadap percikan air hujan masuk kedalam rumah, hal ini dapat menyebabkan kondisi rumah dalam keadaan lembab. 

bahaya rumah lembab terutama terhadap kesehatan:

  • Bisa meningkatkan risiko penyakit pernapasan;
  • Bersin dan batuk-batuk;
  • Sesak hingga iritasi tenggorokan, dan;
  • Meningkatkan potensi penyakit TBC.

Selain itu dapat juga menumbuhkan jamur yang dapat merusak kondisi rumah tersebut. Oleh karena itu biasakan apabila hujan telah reda, sesegara mungkin membuka pintu dan jendela supaya masuk sinar matahari dan juga membuat sirkulasi udara didalam rumah lebih lancar.

Perbaiki kelistrikan rumah

Selain kondisi rumah yang tidak kalah penting adalah melakukan pengecekan terhadap aliran dan sambungan listrik disekeliling rumah, adanya kabel yang terkelupas dan posisi steker colokan yang berada didekat tempat terjadinya potensi rembesan/percikan air hujan dapat membahayakan pemilik rumah baik dari bahaya tersetrum maupun bahaya timbulnya kebakaran. Segera perbaiki apabila menemukan kendala pada sistem kelistrikan tersebut.

Kebun dan pohon

Kondisi musim penghujan biasanya membuat tumbuhan akan bertumbuh lebih cepat, segera pangkas rumput kebun anda apabila terlihat sudah tinggi selain membuat pemandangan tidak baik hal ini juga mencegah menjadi tempat persembunyian ular ataupun binatang lainnya. Selain itu jangan lupa memeriksa pepohonan dan ranting disekitar rumah apabila merasa perlu segera potong dan rapihkan pohon yang sudah tinggi dan berusia tua termasuk dahan yang menjuntai sehingga menghindari potensi dari kerugian akibat dari kerobohan pohon.

Dalam dunia asuransi ada jaminan yang biasa disebut FWTWD Menjamin properti terhadap kerusakan atau kerugian yang disebabkan oleh Flood (Banjir), Windstorm (Badai), Typhoon (Angin topan), and Water Damage (Kerusakan akibat air)

Untuk lebih menjaga rumah kesayangan anda dari berbagai risiko diatas bisa juga untuk menambah perlindungan dengan memiliki produk Asuransi dari ACA yaitu ASRI (Asuransi Rumah Idaman).

 

ASRI adalah produk asuransi kebakaran plus dari PT. Asuransi Central Asia (ACA) yang melindungi aset bangunan rumah tinggal dan harta benda yang ada di dalamnya dari risiko kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat, asap, kerusuhan & huru-hara, kebongkaran (pencurian dengan kekerasan), terorisme & sabotase, bencana alam seperti angin topan, badai, banjir, kerusakan akibat air, gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami, dan tanggung jawab hukum terhadap tuntutan pihak ketiga, dll.

 

Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat mengunjungi pada website ACA atau dapat menghubungi Call Center ACA di 021-31999100. (SG)





Berita Terbaru Lainnya
 

Hubungi layanan call center kami untuk
kebutuhan asuransi Anda

021-31999100